-->

PENYEBAB BUSI MOTOR BASAH

PENYEBAB BUSI MOTOR HONDA SUPRA-FIT BASAH

Setelah bolak balik nyari di Internet tentang masalah Busi motor ane yang selalu basah.. Ane merasa ga ada satupun yang ngasih solusi yang benar-benar jitu. ane coba satu per satu saran dari berbagai situs dan saran dari beberapa komunitas..hasilnya nihil,tiap pagi ane masih (rutin) harus buka busi trus amplas pasang lagi.

isu - isu yang udah bikin tekor duit dan tenaga.
  • Saran pertama yang ane ikuti dulu adalah soal setelan klep inlet yang katanya bocor, motor ane bawa kebengkel untuk di Skir..abis 70rb.Tapi besoknya motor tetep ga nyala karena busi basah lagi.
  • Saran kedua adalah soal kompresi yang katanya hilang, untuk soal yang satu ini ane sampe bongkar mesin buat liat ring seher yang katanya udah mulai gede celahnya, untungnya ga sampe diganti cuma diputer-puter doang posisi ringnya..masih cara ini juga blum ampuh ngilangin penyakit busi yang selalu basah di saat mesin dingin.
  • Beralih ke isu pengapian, ane ganti spul pake spul original seharga 185rb,plus busi baru Denso,plus pick up pulser ganti, yg masih selamet cuma CDI dan Koil pengapian yang ga ikut diganti,saran ini ternyata lumayan efekif ngatasi masalah busi basah tadi, namun sayangnya hanya bertahan beberapa minggu, setelah itu betapa kagetnya ane setelah sekian banyak pengorbanan ane ternyata si busi kembali ngadat dan motor kembali mogok-mogokan...
  • Beralih ke isu karbu, konon pengabutanya kurang sempurna.. ane beli sepuyer main sama pilot jet yang original, jgn tanya biaya coz usaha ini juga hanya menyisakan kegagalan.

Lama ane ga oprek tu motor coz ane dah saking keselnya dandanin tp ga berbuah hasil manis, suatu ketika ane inget betapa mudahnya nyalain motor waktu pertama ane beli (ane beli seken), coba-coba ane buka karburator disitu ada jarum skep yang udah Aus bagian bawahnya, jarum skep itu kebetulan diseting di bikin agak boros, lalu ane inisiatif setting ulang di posisi sangat kering (irit) dengan memindahkan pin jarum keposisi paling atas, Alhamdulillah...ternyata berhasil...dan tanpa biaya.




sebagai tambahan memnag betul ada dua screw di karbu yang bisa disetting, screw bensin dan screw angin.. screw ini ibarat keran yang mengatur besar kecilnya suplay, maka usahakan komposisi angin  dibuat sedikit lebih besar dari bensin degan cara membuka keran/screw angin lebih banyak putaran deratnya (3x putaran berlawanan arah jarum jam),terutama untuk tipe motor motor lawas..tapi tentunya hal ini berimplikasi langsung ke tenaga motor yang akan jauh menurun/berkurang. saya tetap menyarankan untuk mengganti jarum karbu dengan yang original dan untuk hasil yang optimal tentunya main jet karbu jg sebaiknya diganti agar saat mesin dingin dan akan dihidupkan, kedua komponen ini mampu menutup rapat sempurna sehinnga yang bekerja memberikan supply bahan bakar  ke mesin yg masih dingin hanya pilot jet saja dengan pengabutan yang tentunya jauh lebih lembut..

45 Responses to "PENYEBAB BUSI MOTOR BASAH"

  1. Sama kaya supra fit ane. Thanks bro infonya, nanti ane coba.

    ReplyDelete
  2. coba aja gan, sampe skrg motor ane msh oke, ane saranin sekalian diganti aja jarumnya pake yg ori-baru klo cara diatas sudah dirasa ampuh,

    ReplyDelete
  3. mksih gan, sy mau coba pda spedah soghun gue,

    ReplyDelete
  4. Dari 22 oktober 2013, sampe today 20 mei 2015 tested motor ane masih tokcerrr.....

    ReplyDelete
  5. wah ane baca pengalaman ente aja rasanya ngilu banget,,, nyeseknya solusinya ternyata tanpa biaya,,, padahal dah banyak keluar duit, waktu, pikiran, nega,,,

    ane ngalamin juga Revo Fit yg businya basah oleh bensin, ternyata cuma settingan Air Screw yg terseting rich,,, lalu ane putar ke kiri berlawanan arah jarum jam, dapet juga settingan yg pas,,, alhasil busi gk basah lagi, warna insulator kecoklatan tanda AFR ideal.

    Busi basah kayak gitu bikin usia busi jadi pendek gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btul gan.. motor karbu yg sring mogok ga jauh2 dr setingan kabut bensin msti bner2 pas..

      Delete
  6. Thanks infonya dan kebetulan yang saya cari.. Top

    ReplyDelete
  7. Bagus infonya, motor saya sering mogok juga soalnya gan. Katanya kurang panas mesinnya, tapi tiap hari dipanasin kadang2 juga mogok disembarang tempat dan waktu..
    Thanks infonya gan. Btw boleh mampir juga di blog saya yg masih polos hartiprsj.blogspot.co.id, masih pemula..

    ReplyDelete
  8. Bagus infonya, motor saya sering mogok juga soalnya gan. Katanya kurang panas mesinnya, tapi tiap hari dipanasin kadang2 juga mogok disembarang tempat dan waktu..
    Thanks infonya gan. Btw boleh mampir juga di blog saya yg masih polos hartiprsj.blogspot.co.id, masih pemula..

    ReplyDelete
  9. Sama nih gan sama masalah Supra fit bini ane. Makasih ya gan, nanti mau saya coba setting

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya saudara nnti sy try pada motor ana ex5 dream honda.

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya saudara nnti sy try pada motor ana ex5 dream honda.

    ReplyDelete
  12. Caranya gimana?mtr saya boros busi sudah dibawa ke bengkel kemana2 tetep aja boros busi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karburator nya dibuka gan.. trus setingan jarumnya di ubah biar irit.. caranya pin yg biasanya ada diposisi tengah, di pindah ke paling atas.

      Delete
    2. kalo karbu karisma kan jarumnya gak ada pinnya itu gimana bos?kalo ganti pake jarum apa ya? tks infonya

      Delete
  13. Liar biasa infonya gan, supra mertua ane yang biasa buat nganterin anak2 ane saya coba cara diatas langsung lancaarrr jaya, thx banget yah gan infonya, very2 bermanfaat. T.O.P deh

    ReplyDelete
  14. Sama motor GW jga gitu
    Tapi nanti GW coba caranya
    Thanks infonya guys

    ReplyDelete
  15. motor shogun gw juga busi penuh bensin udah beli busi baru tetep aja sering ga jalan motor...

    ReplyDelete
  16. Di buat video donk bang biar bisa dipelajari

    ReplyDelete
  17. wah akhirnya ketemu juga caranya. joooss

    ReplyDelete
  18. Motor mio saya susah kali hidupnya, vakum samaa busi uda diganti, karbu sama tanki minyak juga uda dicuci, tp tetap z ssusah hidupnya, tanpa sengaja saya buka busi trus saya engkol (kick stater) keluar bensin, mohon infonya kira2 apa penyakit motor mio saya susah hidup, klo sudaah panas gaampang hidupnya,...... trims'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lubang main jet ato pilot jetnya dah gede gan.. jarum ga berhasil nutup salurannya dgn smpurna, alhasil wktu msin msh dingin dmn karbu harusnya mmberikan pngabutan sedikit tp halus malah mnghasilkan kabut yg kasar dan banyak saat prtama kali kick stater di kondisi mesin dingin (blom dpt mlakukan pmbakaran dgn smpurna)

      Delete
  19. Eaa nih gan..!! Motor ane mio jadoel, busi selalu basah, motor kalo awal hidup ngeberebet, terus sering tiba-tiba mati, dan susah idup laginya... Tolong saran dan infonya gan.. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oeea gan..!! Ane coba cara di atas, pas dibuka tu karbu ko jarum skep gax ada pin jarum yang buat nyetingnya yaa gan.., gimana tuh..!!??

      Delete
    2. Oeea gan..!! Ane coba cara di atas, pas dibuka tu karbu ko jarum skep gax ada pin jarum yang buat nyetingnya yaa gan.., gimana tuh..!!??

      Delete
  20. Eaa nih gan..!! Motor ane mio jadoel, busi selalu basah, motor kalo awal hidup ngeberebet, terus sering tiba-tiba mati, dan susah idup laginya... Tolong saran dan infonya gan.. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pngabutan karbu nya gan mesti optimal..salah satu caranya ya ganti jarum itu pake yg ori jg klo ada..

      Delete
  21. Saya lagi cari juga masalah motor saya..2 minggu beli busi dan 2 minggu basah lagi heran saya. Nanti saya coba trik ini....terimkasih

    ReplyDelete
  22. WaHH...kebetulan,,barusan aku buka busi motor supra fit sy,sy jg sering bersihin busi sy,makasih sarannya bos brow,,,sampe rumah langsung sy coba dech nich sarannya...makasih

    ReplyDelete
  23. Gan, motor ane GL PRO NEOTECH, spuyer sama mainjet udh ane ganti original, trus jarum skep udah ane posisikan ke nomer 2 dari atas. Tapi setelan nya knapa masih basah terus ya?
    Bosen nih gan, ganti busi mulu tiap bulan.. apa emng harus di setel ke paling atas(jarum skep)?
    Mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbnarnya yg paling penting di motor karbu tu gan soal pengabutan nya yg msti diperhatiin, klo dlm kondisi langsam ato idle maka si jarum karbu sbnarnya harus mnutup rapat lubang pilot jet, klo smpe ada kebocoran dikit aja bkal jd pnyebab busi basah.

      Delete
  24. 12-13 sama py sy gan... Service balabali tak lama kebes maneh..
    Sampe ta ganti busi racing bertahan 3th tp ki kayake kumat...
    Perlu dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap 6.000 KM harus cek busi, kalo udah 3 tahun bermasalah, ya ganti baru aja...hehehehe

      Delete
  25. Kaze ane juga basah businya, tapi anehnya ga mogok... cuma kalo mesinnya udh agak panas gampang mati kalo lagi di lampu merah, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek setelan gas dan setelan angin m3sin.ny

      Delete
  26. blitz ane jg setelah abis di service bensin ngucur terus dari pmbuangan carbu. kembali bengkel di benerin dah gak ngucur. tp nyala saat abis istirahat lama susah amit. waktu cek busi basah. kl dah basah ampyuuun deh kahak mao idup. bosan jg nieh lamo2. ntr mo cek jarumny deh tq min. mo nyoba dulu

    ReplyDelete
  27. Tested sampe 9 Agustus 2017 hari ini.. motor masih lancarr jaya...wusshh...hhaha.

    ReplyDelete
  28. Suprafit ane Klo Kondisi mesin Dingin pagi2 idupin motor sekarang Udah seminggu ini sering banget busi basah Ya. Akibatnya mogok gk mau idup. Pas dicek busi basah n kotor semacam ada kotoran oli begtu!!! ??? Itu kenapa ya gan? Apakah harus cek bongkar mesinnya? Mohon solusi para agan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyk motor ane dulu gan, tu bkn oli gan, tapi kyknya karbon yg kesiram bensin,biasanya disebabkan pengabutan bensin yg overdosis,kalo emg sebelumnya oke2 aj, coba ganti busi dulu, klo masih jg.. ya ganti komponen karbu pake yg ORIGINAL smua.

      Delete
  29. Hasil sangat efektif fengan memindahkan pin jarum skep ke atas busi jadi tidak mudah basah tanggal mulai setting tanggal 28 des -1 januari pake touring taun baru pamengpek garut

    ReplyDelete
  30. Mkasih bnyk gan barusan ane coba berhasil, btw kisah motor kita sama gan, perih tapi tak berdarah

    ReplyDelete
  31. Motor qu Jupiter z gan, penyakitx sama busix sering basah dan hitam saya mau coba mudahan bisa, tanks infox gan

    ReplyDelete
  32. motor mio soul nyokap tiba tiba susah distater kyk gejala abis bensin, pas ane cek tenyata businya basah, ane liat jarum karbunya agak menyon dan oblak..udah diotak atik menyon lg menyon lg.. terpaksa beli lem korea buat ngelem tu jarum biar lurus dan gabisa bergerak,Alhamdulilah tested sampe hari ini lanjar jaya..wushhh..ga da masalah...

    note: jarum karbu harus tegak lurus sempurna 90 derajat..baru kemudian dilem, jgn terlalu banyak pake lemnya, exses lem jgn lupa dibersihkan..

    ReplyDelete
  33. Punya saya supra fit tapi jarum skepnya gak ada ringnya tu mas..Gmn ya apa harus ganti jarum skepnya satu set

    ReplyDelete

Cerita seru lainnya di blog ini..

PENYEBAB BUSI MOTOR BASAH

PENYEBAB BUSI MOTOR HONDA SUPRA-FIT BASAH Setelah bolak balik nyari di Internet tentang masalah Busi motor ane yang selalu basah.. Ane ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel